Desain Kandang Kambing

blogger templates
Dalam membangun kandang harus memperhatikan kondisi, konstruksi, dan perlengkapan kandang.

Kondisi kandang adalah bentuk atau model kandang yang bisa membantu ternak terhindar dari gangguan alam secara langsung seperti hembusan angin, terpaan hujan, dan sengatan sinar matahari.

Untuk mendapatkan kandang yang optimal diperlukan perencanaan konsturksi yang baik. Model kandang disesuaikan dengan keperluan. Kandang sebaiknya kokoh, awet dipakai, memenuhi syarat kesehatahan, dan nyaman dihuni oleh ternak.

Kandang di usahakan berbentuk panggung, karena pada dasarnya akan lebih mudah bagi peternak untuk melakukan pengawasan terhadap ternakan tu sendiri. Dasar kandang di buat agak miring dengan kemiringan 60’.
Desain kandang kambing

Dasar kandang ini berada di bawah lantai karena kontrusi kandang di buat system pangggung. Fungsinya agar limbah kotoran kambing dapat langsung mengalir ke parit atau bak penampungan kambing yang disediakan di sekitar kandang.
Desain kandang kambing

Tujuan utama pembagunan dasar kandang yang miring adalah agar supaya tercipta kebersihan kandang. Karena kandang yang bersih merupakan cara pencegahan penyakit pada ternak. Bila nanti di lantai kolong kandang masih ada kotoran kambing sebaiknya setiap hari kandang disapu atau dibersihkan agar supaya tidak muncul bau yang dapat mengancam kesehatan ternak.